Penutup Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Penulisan kalimat penutup surat lamaran yang baik dan benar memang perlu mendapat perhatian lebih. Kliksurat akan berbagi tips terkait cara menulis kalimat penutup surat lamaran kerja lengkap dengan contoh serta hal yang perlu dihindari.

Sebagian besar pencari kerja memfokuskan semua perhatian mereka untuk memoles resume mereka, kurang mementingkan penulisan surat lamaran yang bagus. Tapi surat lamaran bukan hanya formalitas. Ini sama pentingnya dengan resume bahkan amplop lamaran pekerjaan yang kamu buat.

Namun faktanya, hal ini bisa menjadi lebih penting karena bila lamaran kerja tidak menarik perhatian manajer HRD, resume yang menjadi lampiranmu mungkin tidak akan dilirik sama sekali.

Penulisan Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja

Dalam resume mungkin menguraikan keahlian dan potensimu, namun perlu kamu ketahui bahwa surat lamaranlah yang lebih potensial untuk memberikan kesempatan dalam hal meyakinkan calon pemberi kerja bahwa Anda akan memang layang untuk menjadi bagian dari perusahaan dan dapat mulai bekerja.

Kalimat penutup surat lamaran yang baik menjadi kunci untuk memberikan kesan terakhir kepada rekrutmen perusahaan. Harapan akhirnya adalah membuat kamu segera diundang untuk melakukan wawancara dengan rekrutmen perusahaan.

Aspek Penting Dalam Menulis Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Menulis penutup surat lamaran kerja juga memiliki peran penting dalam menarik perhatian rekrutmen perusahaan. Berikut beberapa tips penting yang perlu diterapkan.

Tonjolkan Kemampuan dan Potensi Diri

Menonjolkan kemampuan diri dan potensi serta prestasi jika ada merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Penulisannya tentu harus profesional dan elegan dan tidak terkesan berlebihan.

Gunakan tata bahasa yang baik dan benar tanpa perlu mengulangi frasa-frasa yang sudah disebutkan sebelumnya serta mampu memberikan pemahaman terkait penjabaranmu tentang apa saja prestasi, kemampuan, pengalaman dan kelebihan yang kamu miliki sekiranya dapat menjadi nilai tambah untuk kemajuan perusahaan mereka.

Tata Bahasa sopan dan percaya diri.

Penggunaan kata umum dalam penutup lamaran kerja seperti “Saya Sangat Menantikan Kabar Baik dari Anda” atau “Saya Menunggu Kabar Baik Dari Lamaran Ini Dari Anda”. Mungkin terkesan kurang menyenangkan dan bisa membuat calon pemberi kerja berpaling dari surat lamaran kerja yang kamu buat.

Sebagai alternatif, kamu bisa menulis kalimat penutup seperti ini “Saya Berharap Bisa Mendapatkan Waktu Lebih Untuk Menunjukkan Kemampuan dan Potensi Yang Saya Miliki, Untuk Kemajuan Perusahaan Perusahaan Anda”. Kalimat barusan merupakan contoh kalimat penutup lamaran kerja yang bertujuan untuk meminta waktu wawancara namun dengan bahasa yang elegan. Tetap ingat, bahwa yang harus kamu lakukan adalah bersikap sopan dan percaya diri. Bukan untuk mengatur dan memaksa pemberi kerja.

Mengucapkan Terima Kasih

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita mengenal yang namanya magic word salah satunya adalah ucapan terima kasih ketika mengakhiri sesuatu pekerjaan, ketika memohon pertolongan atau hal lain. Prinsip ini bisa diterapkan dalam penulisan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar,

Penulisan ucapan terimakasih juga ada aturan yang bisa digunakan contohnya : “Terima Kasih Atas Waktu dan Perhatian Yang Sudah Anda Berikan.”. Jangan hanya menggunakan frasa yang umum pada surat lamaran pekerjaan contoh : “Hormat Saya”, “Salam Hormat”, “Hormat Kami”, “Thanks”, “Terimakasih” yang terkesan sangat umum dan singkat.

Mungkin tips penulisan ucapan terima kasih ini terlihat asing dan aneh, namanya juga usaha. Tidak ada salahnya untuk mencoba.

Contoh Kalimat Penutup Pada Surat Lamaran Pekerjaan

  1. “Terima kasih atas waktu yang sudah bapak / ibu berikan. Besar harapan saya untuk dapat menjelaskan lebih banyak kepada anda mengenai potensi dan keinginan yang saya miliki dalam bidang Web Progrsmming. Bapak / Ibu bisa menghubungi saya di email emaimu@emailmu dan nomor handphone ini. “
  2. “Saya sangat tertaik dengan posisi lowongan kerja yang sedang perusahaan anda buka. Sangat sesuai dengan pengalaman dan minat yang saya miliki. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan pertimbangan anda pada surat lamaran yang saya kirimkan”
  3. “Saya sangat yakin dengan Pengalaman selama 3 tahun dibindang Internet Marketing, dapat membantu kemajuan perusahaan yang sedang anda pimpin. Saya akan sangat menyambut baik setiap kesempatan yang anda berikan. Besar harapan saya untuk dapat berkomunikasi lebih dan terimkasih atas waktunya”.

Sepertinya beberapa contoh sudah cukup hingga kita akan lanjutkan pada tips kliksurat yang lainnya. Sebagai penutup dan kesimpulan bahwa dalam penulisan kalimat penutup surat lamaran kerja harus informatif, ringkas dan benar. Tata bahasa yang buruk, kesalahan tanda baca atau salah eja mungkin bisa menjadi alasan bagi HRD atau Calon Pemberi Kerja untuk mengesampingkan surat lamaran kerja yang kamu kirimkan.

Periksa secara teliti dan baca kembali syarat surat lamaran kerja yang kamu kirimkan. Jangan hanya mengandalkan alat atau tools pemeriksa ejaan. Koreksi dengan hati-hati tiap kalimat serta paragraf. Jika perlu mintalah orang lain untuk membacanya juga. Karena kalimat penutup surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik dan benar bisa menjadi penentu bagi lamaran pekerjaan apakah diterima dan lanjut wawancara atau tidak.

Satu pemikiran pada “Penutup Surat Lamaran Kerja Yang Benar”

Tinggalkan komentar